Pengoptimalan komputer

BAGIAN I – INTRO DAN FRAGMENTASI

Banyak orang memiliki kesan bahwa kinerja komputer memburuk seiring bertambahnya usia. Saya ingin menghilangkan mitos itu: komputer biasanya teknologi solid-state yang tidak terpengaruh oleh usia. Saya tidak mengatakan bahwa komputer lama tidak berjalan lebih lambat, tetapi segera setelah kami memperbaiki pesan bahwa penundaan disebabkan oleh usia yang tidak berubah, masalah menjadi masalah yang biasanya dapat diselesaikan tanpa membeli komputer yang lebih baru.

Pertama-tama kita pahami apa tidak memperlambat komputer:

  • Prosesor komputer adalah sakelar seperti transistor elektronik digital, disegel dalam paket plastik keras; Ini adalah perangkat solid-state yang berfungsi atau tidak. Mereka bisa digoreng jika mereka terkena lonjakan listrik, tetapi sebaliknya mereka tidak akan melambat.
  • Memori komputer terdiri dari komponen yang serupa dan tidak berfungsi atau berfungsi sama persis.
  • Motherboard komputer tidak lebih dari sebuah lintasan kawat pada sepotong plastik, biasanya dengan lebih banyak perangkat solid-state yang terhubung atau disolder ke sana. Motherboard juga tidak melambat.
  • Persediaan komputer terpapar pada beberapa kondisi paling ekstrem yang dialami komputer. Itulah mengapa mereka lebih sering dibakar daripada bagian lain, tetapi bahkan mereka tidak mengarah pada pengurangan kinerja; mereka bekerja atau tidak.

Apa yang menyebabkan komputer bekerja lebih lambat?

Pelaku terbesar adalah penyimpanan data. Bayangkan Anda mencoba menemukan sesuatu di lemari arsip jika ini adalah satu-satunya barang di laci; itu akan sangat mudah ditemukan, bukan? Jika ada beberapa item di dalam laci, masih akan mudah untuk menjelajahinya untuk menemukan yang Anda inginkan. Bagaimana jika laci benar-benar penuh? Ini bisa memakan waktu lebih lama, kan? Ini terjadi pada hard drive saat Anda menginstal sistem operasi, aplikasi, dan data di dalamnya. Setiap kali Anda mengunduh lebih banyak.mp3 angka, mengimpor lebih banyak.jpg foto dari kamera Anda atau membuat dokumen pengolah kata baru, Anda mengisi lebih banyak hal di lemari arsip yang merupakan hard disk Anda.

Tidak seperti prosesor atau memori, hard drive biasanya bukan perangkat solid-state; itu memiliki bagian yang bergerak. Akibatnya, waktu yang dibutuhkan untuk membaca atau menulis data hard disk adalah pada urutan 1.000 kali lebih lambat daripada di perangkat solid state seperti RAM atau USB stick. Pasangan itu dengan fakta bahwa Anda menambahkan lebih banyak hal dan Anda dapat mulai memahami masalah.

Pada kenyataannya itu lebih buruk dari yang Anda pikirkan. Ketika Anda menyimpan dokumen ke hard disk, itu disimpan di ruang tertentu pada drive. Komputer mencoba mengalokasikan ruang pada hard disk seefisien mungkin, jadi jika lebih banyak ditulis ke disk setelahnya, maka disimpan di ruang berikutnya yang tersedia secara berurutan. (Untuk teknisi hard-core yang membaca ini, ya, saya tahu bahwa penjelasan ini sangat menyederhanakan proses.) Sayangnya, ini berarti bahwa ketika Anda kemudian memodifikasi dokumen asli, tidak ada ruang yang berdekatan pada disk untuk data baru ke disimpan, sehingga akhirnya disimpan di tempat lain, terpisah dari bagian pertama dokumen. Kemudian, ketika Anda mencoba untuk membaca dokumen ini lagi dalam memori, dibutuhkan sedikit lebih lama daripada dengan dokumen yang disimpan secara berurutan, karena komputer harus melompat di tengah bacaan untuk menemukan sisanya. Ini dikenal sebagai pemisahan. Penyebab lain dari fragmentasi adalah ketika file dihapus, karena itu menyebabkan lubang yang coba diisi oleh komputer dengan data yang sering disimpan, tetapi lubangnya hampir tidak pernah ukuran yang benar untuk file baru yang disimpan, sehingga file yang baru disimpan juga hancur menjadi bagian yang tidak berurutan.

Jangan berpikir bahwa penggunaan Anda adalah satu-satunya kekuatan yang juga menyebabkan fragmentasi pada perjalanan Anda. Memori virtual, referensi ke file terbaru, file cache yang berbeda dan pembaruan / patch digunakan dan selalu menyisakan ruang pada hard disk, yang mengarah ke fragmentasi, bahkan jika Anda tidak pernah sengaja menyimpan file lain di komputer Anda. Untungnya, fragmentasi mudah untuk disembuhkan. Microsoft Windows hadir dengan alat yang melakukannya untuk kita – semua yang harus kita lakukan adalah menggunakan alat ini dari waktu ke waktu, dan mengatur ulang file pada disk untuk melakukan yang terbaik untuk menyimpannya secara berurutan. Untungnya bagi kami, banyak hal yang kami simpan di hard drive kami tidak sering berubah. File sistem operasi, aplikasi yang terinstal dan bahkan musik dan foto kami jarang mengubah konten atau ukurannya, jadi setelah mereka didefragmentasi menjadi bagian yang kurang dinamis dari hard drive, mereka seharusnya baik-baik saja.

BAGIAN II – DIGITAL HOARDING

Setelah fragmentasi, masalah berikutnya adalah mendiskusikan bagaimana hard disk memperlambat komputer kita dengan meningkatnya volume data yang tersimpan di dalamnya. Jika Anda telah melihat meja putar fonograf, Anda memiliki gambaran kasar tentang cara kerja hard disk, tetapi bayangkan bahwa itu berputar jauh lebih cepat. Daripada 33 atau 45 putaran per menit, hard drive bekerja pada 5.400, 7.200, 10.000 atau bahkan 15.000 putaran per menit. Bahkan jika hard disk yang lambat berputar di seluruh sisi lain dari disk, itu bisa memakan waktu kurang dari 1/100 detik, tetapi sama seperti dengan turntable, rotasi bukan satu-satunya gerakan yang dibuat disk; kepala juga bergerak keluar masuk secara radial, dan gerakan itu jauh lebih lambat. Ketika hard disk berisi data kecil, data tersebut umumnya disimpan dekat dengan pusat, sehingga kepala hanya perlu melintasi sebagian kecil dari radius disk, tetapi karena semakin banyak data yang disimpan, semakin banyak jari-jari disk digunakan, sehingga bagian dari balok yang harus ditutupi kepala menjadi lebih panjang, sehingga data dibaca dan ditulis lebih lambat.

Untungnya, pengurangan kinerja jenis ini juga sering dapat dimoderasi. Orang sering kali mengepak tikus tentang apa yang mereka simpan di komputer mereka. Hard drive menjadi seperti lubang hitam, mengumpulkan data bertahun-tahun yang mungkin tidak pernah digunakan, diperlukan atau bahkan dilihat. Jika komputer lebih cepat ketika masih baru, sebelum memuat semua data ini, Anda mungkin dapat mengembalikannya ke tingkat itu jika Anda dapat membersihkan sebagian dari data tersebut. Ada banyak cara untuk mengidentifikasi dan menghapus data yang tidak perlu dari hard drive. Windows hadir dengan beberapa alat yang dapat membantu:

  • Disk Cleanup mencari berbagai kategori sampah pada drive Anda dan memungkinkan Anda untuk menghapusnya.
  • Tambah / Hapus Program & # 39; s membantu Anda menemukan dan menghapus aplikasi lama dan komponen Windows yang tidak lagi Anda gunakan atau butuhkan.

Bahkan dokumen, musik, film, dan foto lama Anda dapat diatribusikan dan dihapus atau dipindahkan ke penyimpanan offline (seperti dibakar ke CD / DVD atau diunggah ke jaringan atau bahkan fasilitas penyimpanan internet ).

Dalam situasi ekstrem, Anda juga dapat mengurangi beberapa ukuran cache, seperti ukuran Cache System Restore atau bahkan Recycle Bin. Secara default, mereka mengambil 12% dan 10% dari hard drive Anda dengan cara yang terhormat, dan kecuali Anda menyesal untuk menghapus hal-hal yang seharusnya tidak Anda lakukan, potong mereka menjadi dua hingga 1/9 dari hard drive Anda, segera dan tanpa risiko yang tidak perlu.

Profesional juga dapat membantu Anda menemukan lebih banyak cara untuk mengosongkan ruang, seperti menonaktifkan file offline jika fungsi tersebut tidak diperlukan, menghapus profil pengguna lama, menghapus printer lama, menurunkan pengaturan cache internet, dll. Sering program & # 39 ; sisa-sisa itu sendiri pada hard drive Anda bahkan setelah mereka telah dihapus; ini juga bisa dihapus. Pengaturan memori virtual yang tidak dikonfigurasi dengan benar juga dapat mengambil lebih banyak dari hard disk Anda daripada yang sebenarnya diperlukan.

BAGIAN III – APLIKASI CREEP

Selain penyimpanan data pada hard disk, ada area lain di mana kinerja komputer memburuk, mencari usia: meningkatkan tuntutan pada prosesor dan memori. Namun, kita perlu membagi masalah ini menjadi dua kategori. Satu dapat dipecahkan tanpa meng-upgrade komputer, yang lain mungkin tidak.

Kategori yang dapat dipecahkan adalah apa yang saya & # 39; aplikasi rayapan & # 39; beri nama. Komputer Anda mungkin dipasok dengan sejumlah program uji coba gratis dan gratis yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya. Sebagian besar dari mereka tidak aktif di hard disk Anda sampai mereka dipanggil, tetapi beberapa, seperti driver printer, detektor malware, dan hardware dan software updaters, dimuat ke dalam memori setiap kali Anda memulai komputer Anda. Selain itu, Anda mungkin sudah menginstal lebih banyak, apakah Anda menyadarinya atau tidak. Jika Anda menginstal Adobe Reader, ada bagian kode yang kemungkinan akan dimuat dengan setiap restart PC Anda – itu membuat Anda cepat membuka file PDF karena bagian dari Reader sudah ada dalam memori, tapi bagaimana dengan 99% dari waktu Anda tidak menggunakannya? Yah, itu masih ada, mengambil sumber daya, membuat operasi lain lebih lambat. Banyak aplikasi umum lainnya memiliki komponen yang berjalan secara otomatis ketika Anda memulai PC Anda (juga dikenal sebagai "AutoRuns") seperti iTunes, Safari, QuickTime, Java, dan banyak lagi. Selain AutoRuns ini, program lain yang tidak diinginkan merayap masuk, dengan piggy-back bersama program yang Anda gunakan. Bilah alat tambahan di jendela Internet Explorer Anda adalah muatan yang dipahami dengan hati-hati dari banyak program lain yang telah Anda instal, dan tebakan – mereka menggunakan banyak sumber daya setiap kali IE dijalankan. Ini bukan jangkauan besar untuk menyadari bahwa ketika hal-hal yang tidak perlu menggunakan sumber daya, kegiatan yang diinginkan bekerja kurang efisien.

Kategori yang lebih sulit dipecahkan adalah hasil dari kemajuan teknologi. Anda membeli komputer Anda delapan tahun yang lalu sebelum Netflix mulai memutar film, dan sekarang Anda mengharapkannya untuk melakukan hal-hal yang tidak dimaksudkan. Anda memiliki gim yang Anda mainkan dan membeli gim yang lebih baru, meskipun mereka membutuhkan lebih banyak RAM, lebih banyak ruang pada hard drive dan prosesor yang lebih cepat. Anda sebelumnya memiliki kamera film, tetapi sekarang Anda mengimpor foto ponsel digital Anda dari semua perjalanan Anda dan Anda mulai membuat video pendek juga! … dan bahkan jika Anda tidak secara aktif memperbarui perangkat lunak Anda atau meningkatkan penggunaan Anda, pembaruan dapat terjadi di belakang layar. Microsoft Windows dapat secara otomatis memperbarui dirinya sendiri dan pada kenyataannya banyak judul perangkat lunak Microsoft dapat dikonfigurasi untuk ini. Adobe, Java, Real Player, iTunes dan Quicken menanyakan pembaruan dan Anda cukup mengeklik "OK" tanpa memikirkannya. Perbaikan bug dirilis, driver yang diperbarui dirilis dan Anda tidak ingin tetap rentan atau ketinggalan zaman, jadi Anda menerimanya. Setiap pembaruan ini menempatkan instruksi tambahan pada sumber daya komputer Anda.

Lihat, kita tidak semua memiliki ponsel pertama, berbatu, analog, hanya mengkonsumsi baterai dengan mereka – kami ingin fitur terbaru, jadi kami meningkatkan. Dan pada saat tertentu Anda harus membuat keputusan untuk melakukannya dengan komputer Anda. Pada akhirnya, bahkan setelah menipis data Anda, menghilangkan aplikasi yang tidak diinginkan dan membersihkan program AutoRun Anda, sedapat mungkin, komputer Anda masih terlalu lambat untuk selera Anda. Tingkatkan atau ganti pada waktu itu. Semoga, mengikuti saran di atas setidaknya akan meningkatkan waktu antara upgrade komputer, menghemat uang Anda.

BAGIAN IV – APA YANG HARUS DIPERBARUI

Anda telah mencoba semua kemungkinan pengoptimalan dan Anda masih belum puas dengan kinerja komputer Anda. Apa sekarang? Mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan, tetapi apa yang Anda perlu perbarui? Seluruh sistem? Hanya beberapa komponen? Jika waktu dan uang bukan target, cukup pergi dan beli sistem hebat terbaru dan pekerjakan orang lain untuk menginstal ulang dan konfigurasikan ulang semua aplikasi Anda dan transfer semua data Anda. Sayangnya, itu tidak terjadi pada banyak dari kita. Ketika berhadapan dengan sumber daya yang terbatas, kita harus membuat keputusan tentang cara terbaik untuk menerapkannya. Anda benci menghabiskan empat digit pada sistem komputer baru jika yang lama membutuhkan upgrade memori. Namun, Anda juga tidak suka membuang-buang uang untuk RAM untuk menemukan bahwa Anda masih belum puas dan masih harus berurusan dengan kebutuhan untuk membeli sistem yang sama sekali baru. Bagaimana Anda bisa memberi tahu kami apa yang harus dilakukan?

Windows hadir dengan beberapa alat yang membantu mengidentifikasi kemacetan. Berbekal informasi itu, kita bisa membuat keputusan yang lebih baik tentang apa yang perlu kita lakukan untuk menyelesaikannya. Berikut ini daftar beberapa kemacetan yang lebih umum:

  • Sambungan jaringan – koneksi jaringan yang lambat memperlambat akses internet dan penggunaan sumber daya jaringan lainnya.
  • Memori utama – dengan RAM yang tidak cukup memaksa PC untuk menggunakan file paging pada hard disk sebagai gantinya, memperlambat pemrosesan, pengalihan pekerjaan, dan operasi baca / tulis.
  • Prosesor – dengan prosesor yang terlalu lambat atau terlalu sedikit prosesor mempengaruhi kinerja semua operasi. Prosesor yang lebih murah juga tidak memiliki cache L1, yang semakin mengurangi kinerja mereka.
  • Hard disk – hard disk yang lebih lambat mempengaruhi kecepatan semua operasi baca / tulis, termasuk file cache dan memori virtual. Penggunaan ruang juga menjadi pertimbangan; panduannya adalah menggunakan kurang dari 50% kapasitas setiap hard drive.

Cobalah mendiagnosis pola untuk mendiagnosis masalah ini. Jika masalah kinerja Anda terutama mendominasi kecepatan memuat halaman web, mereka lebih cenderung mengindikasikan masalah dengan kecepatan koneksi Internet Anda. Jika kinerja menjadi lambat ketika lebih banyak aplikasi berjalan, Anda mungkin tidak memiliki cukup memori atau prosesor yang lambat. Jika lampu indikator aktivitas hard disk sering menyala, ini mungkin menunjukkan bahwa memori tidak cukup atau disk terlalu lambat atau terlalu penuh. Setelah Anda menebak sebagai titik awal, Anda ingin menemukan bukti untuk atau menentang disertasi Anda. Tempat yang baik untuk memulai adalah Windows Task Manager. Tekan Ctrl-Alt-Del dan Anda akan melihat manajemen tugas atau tautan ke sana, tergantung pada versi Windows yang Anda gunakan. Tab Performance menampilkan penggunaan prosesor dan memori, dan tab Networking menunjukkan penggunaan koneksi jaringan.

Mari mulai dengan tab Performance; ia menawarkan banyak informasi yang bagus. Pertama-tama, jumlah panci CPU Usage History menunjukkan berapa banyak inti CPU yang dimiliki sistem Anda. Penggunaan biasanya harus rendah kecuali Anda memiliki banyak hal yang aktif. Jika salah satu grafik mematok jarum di bagian atas grafik, ada lebih banyak permintaan pada prosesor daripada yang dapat ditangani. Tabel penggunaan PF menunjukkan berapa banyak RAM yang digunakan. Idealnya, Anda juga ingin ini menjadi rendah. Semakin banyak aplikasi yang Anda gunakan, semakin banyak RAM yang Anda butuhkan. Seperti yang kami katakan, komputer membuat lebih banyak memori jika menghabiskan lebih sedikit ruang dengan memindahkan data yang jarang digunakan ke memori virtual, yang sebenarnya disimpan pada hard drive. Ketika dibutuhkan lagi, ia akan menukar data terkecil yang paling tidak digunakan ke hard disk untuk menyediakan ruang untuk menebus data yang diperlukan. Semua operasi ini membutuhkan waktu, jadi jika penggunaan PF berada di bagian atas atau atas grafik, Anda tidak memiliki cukup RAM untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Alat lain yang berguna untuk melihat prosesor dan RAM yang diinstal pada PC Anda adalah properti sistem di panel kontrol. Tekan Windows Break sebagai cara pintas untuk mencapai itu. Prosesor Pentium-4 adalah standar hari ini, dan jika Anda memiliki yang lebih tua, saya tidak akan mencoba untuk meng-upgrade, tetapi hanya mengganti PC. Sistem operasi yang berbeda memiliki persyaratan memori yang berbeda, tetapi memiliki setidaknya 1 GB RAM cukup umum saat ini.

Kembali ke Task Manager pada tab Jaringan, jangan kaget jika penggunaan jaringan Anda sering mencapai atau di bawah satu persen. Sebuah komputer desktop khas memiliki kartu antarmuka jaringan (NIC) yang mampu berkomunikasi pada 100 atau bahkan 1.000 juta bit per detik – bahkan kartu jaringan yang lebih tua dapat berkomunikasi pada 10 Mbps. Namun, koneksi internet broadband standar (seperti modem kabel, DSL cepat atau koneksi serat optik) bekerja di sekitar 1 Mbps, dan itu hanya ketika file besar diunduh dalam kondisi sempurna. Jika Anda terhubung ke sumber daya jaringan lokal lainnya, seperti server atau printer jaringan, Anda mungkin dapat menggunakan lebih banyak dari bandwidth yang tersedia, tetapi jika hanya penggunaan jaringan Anda adalah akses jaringan Anda, kemacetan selalu koneksi internet bukan koneksi jaringan komputer. Sekarang kita telah memecahkan itu, mungkin kartu jaringan Anda terlalu lambat untuk kebutuhan Anda, tetapi jika Anda tidak merasa nyaman dengan kecepatan memuat halaman web, Anda akan melihat bahwa grafik menggunakan hampir 100 % menunjukkan penggunaan kecil dari koneksi jaringan rendah, Anda perlu memutakhirkan koneksi internet Anda daripada PC Anda.

PART V – UPGRADING

Setelah Anda mengidentifikasi masalahnya, Anda harus memutuskan cara menghadapinya. Beberapa masalah dapat diatasi dengan upgrade kecil, tetapi yang lain tidak sebanding dengan biaya atau usaha dan merupakan kesempatan ideal untuk mengganti PC.

Jika Anda memutuskan bahwa Anda tidak memiliki cukup RAM, biasanya itu adalah upgrade termudah dan termurah yang dapat Anda lakukan di PC Anda. Bergantung pada seberapa banyak yang Anda miliki dan berapa banyak slot yang dimiliki motherboard Anda, Anda mungkin dapat menginstal DIMM tambahan atau mengganti DIMM yang ada dengan kapasitas lebih rendah dengan DIMM yang lebih besar. Ada lusinan jenis memori yang tidak kompatibel, jadi jika Anda tidak yakin apa yang Anda butuhkan, Anda harus berkonsultasi dengan manual pemilik yang datang dengan PC Anda ketika Anda membelinya. Anda masih memilikinya, kan? Jika tidak demikian, bawa DIMM bersama Anda dan bawa ke toko atau jika Anda membeli secara online, carilah merek dan model PC Anda, bukan jenis memori.

Jika Anda telah memutuskan bahwa kartu jaringan Anda terlalu lambat, Anda mungkin dapat menginstal versi yang lebih cepat ke dalam slot atau bahkan port USB – ini juga merupakan upgrade yang relatif murah dan mudah untuk dijalankan. Kebanyakan PC yang dibangun selama 10 tahun terakhir memiliki slot PCI, sehingga Anda mungkin dapat mencari kartu antarmuka jaringan teknologi PCI (NIC) di toko komputer lokal atau online. Mereka datang dalam varian kabel atau nirkabel, tergantung bagaimana Anda menghubungkan PC Anda ke jaringan Anda. Jika Anda mungkin tidak dapat membuka PC Anda, baik adapter jaringan kabel dan nirkabel sekarang juga tersedia dalam varian USB. Jika koneksi Internet Anda terlalu lambat, Anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi di komputer Anda – cukup hubungi penyedia layanan Internet Anda dan diskusikan pilihan Anda untuk meningkatkan layanan Anda ke bandwidth yang lebih tinggi – atau cari penyedia layanan internet lainnya. adalah.

Jika Anda memutuskan bahwa prosesor Anda tidak mencukupi, biasanya yang terbaik adalah mengganti PC Anda. Motherboard dirancang untuk bekerja dengan sejumlah kecil prosesor model yang berbeda, dan bahkan jika Anda adalah model low-end, biaya dan upaya untuk meng-upgrade ke prosesor high-end tidak akan menghasilkan kinerja yang terasa lebih baik; ganti untuk PC dengan skor prosesor lebih banyak. Satu-satunya pengecualian untuk aturan ini mungkin jika motherboard Anda memungkinkan Anda untuk meng-upgrade dari prosesor tanpa cache L1 (seperti Celeron) ke prosesor cache L1 – yang dapat menghasilkan perbaikan nyata untuk membenarkan biaya dan kesulitan. . Jika ini kasusnya, konsultasikan manual pemilik Anda (atau spesifikasi online) untuk melihat ahli mana yang cocok untuk motherboard Anda. Jika Anda memutuskan untuk melakukan ini, Anda harus mempertimbangkan biaya waktu dan usaha Anda. Mungkin yang terbaik adalah hanya mengupgrade ke versi terbaik dan tercepat yang tersedia – Anda tidak ingin melakukan ini lagi dalam satu tahun yang akan Anda lalui dengan perbaikan kecil selangkah demi selangkah.

Secara historis, ketika hard disk komputer menjadi penghambat, biasanya itu adalah titik di mana kita harus mengganti seluruh sistem. Namun dalam beberapa kasus, aturan telah berubah hari ini. Mengganti hard drive termasuk menginstal ulang sistem operasi dan semua aplikasi, serta mentransfer semua file dan data pribadi, sehingga biasanya proses padat karya itulah waktu yang ideal untuk menghabiskan sisa komputer di sana. Namun kini, dengan popularitas fotografi digital, file musik MP3, video, dan data multimedia lainnya yang memakan banyak ruang, sering kali dapat mengoptimalkan hard drive yang ada dengan mengunduh semua file dan data pribadi ke penyimpanan eksternal. USB flash drive sekarang tersedia untuk 64 GB atau lebih dan hard drive USB eksternal memiliki lebih dari 1 TB (atau 1.024 GB). Sangat menjengkelkan untuk harus mengubah lokasi terpasang sebagian besar aplikasi dan komponen Windows, tetapi memindahkan file data jauh lebih tidak bermasalah. Jika Anda ingin meningkatkan kinerja lebih jauh, Anda bahkan dapat memindahkan file memori virtual dari PC Anda ke hard disk kedua (internal) tanpa terlalu banyak masalah. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya dalam makalah ini, semakin banyak hal yang Anda miliki di hard disk Anda, semakin tidak efisien, sehingga dengan memindahkan semua jenis data non-sistem-kritis ini dari hard disk yang berisi sistem operasi dan aplikasi, Anda dapat Anda dapat memulihkan kinerja PC paling muda tanpa terlalu banyak masalah.

Pada akhirnya, semua pengoptimalan dan peningkatan ini hanya merupakan langkah-langkah jeda. Patch dan pembaruan perangkat lunak akan membutuhkan lebih banyak ruang pada hard drive utama Anda, dan Anda mungkin akan menambah lebih banyak fungsi dan aplikasi dari waktu ke waktu. Bahkan jika Anda sangat menderita dengan ruang pada disk utama Anda, Anda masih memiliki tuntutan yang lebih tinggi. Ini juga merupakan salah satu dari beberapa komponen mekanis di PC Anda, sehingga harapan hidup dapat menjadi lebih pendek daripada semua komponen solid state. Dan pada titik tertentu Anda memerlukan hard drive utama baru, dan pada saat itu saya mempertahankan posisi saya bahwa itu adalah kesempatan yang baik untuk mengganti seluruh PC.



Source by Brian Blum