Jaringan komputer disederhanakan

Jadi apa itu jaringan komputer? Bagi yang belum tahu istilah ini mungkin terdengar mengintimidasi, tetapi mungkin Anda telah menjumpai atau bahkan menggunakannya di tempat kerja atau di rumah. Bagi mereka yang baru mengenal jaringan komputer, sederhananya, jaringan mengacu pada sistem di mana dua atau lebih komputer terhubung. Ini terjadi agar orang dapat berbagi hal-hal seperti informasi atau perangkat keras komputer, seperti printer.

Sekarang ada beberapa hal yang Anda perlukan untuk membuat jaringan komputer. Sistem paling dasar terdiri dari protokol, NIC atau kartu antarmuka jaringan, kabel, dan hub.

Protokol adalah seperangkat aturan yang harus diikuti komputer untuk memastikan bahwa mereka "berbicara dalam bahasa yang sama". Sebagai contoh, Http adalah protokol. Jika Anda ingin mengakses situs web yang berfungsi di http dari komputer Anda, situs web yang Anda gunakan juga harus bekerja pada protokol yang sama, jika tidak Anda tidak akan dapat membaca situs tersebut.

NIC adalah kartu yang Anda tempatkan di bagian belakang atau samping komputer. Ini memungkinkan komputer berkomunikasi satu sama lain. Kabel hanyalah kabel yang menghubungkan komputer dan hub adalah perangkat yang mengontrol lalu lintas, misalnya informasi yang mentransmisikan satu komputer ke komputer lain.

Sekarang ini daftar item untuk jaringan standar. Anda akan membutuhkan perangkat yang berbeda jika Anda menggunakan jaringan nirkabel.

Bagaimana cara kerja jaringan komputer? Misalnya, Anda ingin mengirim informasi dari desktop ke komputer ayah Anda. NIC pada PC Anda mentransfer file ke hub melalui kabel. Hub kemudian mentransfer data ke komputer ayah Anda. Jika masing-masing unit menggunakan protokol yang sama, informasinya diterima oleh komputer ayah Anda dan ia dapat membuka file yang baru saja Anda kirim.

Ada dua jenis jaringan: LAN atau jaringan lokal dan WAN atau jaringan area luas.

LAN adalah jenis jaringan yang sangat sederhana di mana semua unit yang Anda hubungkan berada di satu tempat. Ada dua jenis LAN, peer-to-peer, dan client-server. Jaringan peer-to-peer adalah tempat dua atau lebih komputer terhubung secara langsung. Sebagai contoh, komputer 1 terhubung ke komputer 2, komputer 2 terhubung ke komputer 3 dan seterusnya. Komputer saling bergantung, jadi jika sebuah unit mengalami masalah, yang lain tidak dapat terhubung. Jenis client-server adalah tempat semua komputer terhubung ke unit utama. Ini lebih mudah karena jika satu komputer mengalami masalah, yang lain tidak akan terpengaruh. Anda masih dapat bertukar data.

Contoh dari WAN adalah internet. Seperti yang Anda lihat, ini adalah jenis jaringan yang sangat besar yang dapat terhubung jutaan pengguna satu sama lain.

Semakin banyak orang melihat jaringan komputer, bahkan di rumah. Ini menawarkan lebih banyak kenyamanan dan membuat kehidupan sehari-hari lebih efisien



Source by Benedict Hunter