Elektronik digital & kelebihan dan kekurangannya

Elektronik digital adalah sistem yang menggunakan sinyal digital sebagai pengganti sinyal analog. Sirkuit elektronik digital adalah sirkuit yang bekerja dengan sinyal digital. Ini adalah sinyal diskrit yang diambil sampelnya dari sinyal analog. Sirkuit digital menggunakan notasi biner untuk mentransmisikan sinyal. Sirkuit digital terdiri dari sirkuit elektronik kecil, yang disebut gerbang logis, yang digunakan dalam penciptaan kombinasi logika. Setiap gerbang logika dibangun untuk melakukan fungsi logika Boolean ketika bekerja pada sinyal logika.

Mengapa para insinyur komputer perlu mengetahui tentang sistem elektronik digital

Ilmu komputer dan teknologi memiliki berbagai bidang teknik elektro dan diperlukan untuk membentuk perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Insinyur komputer dilatih dalam teknik elektronik, desain perangkat lunak dan integrasi perangkat keras perangkat keras bukan hanya rekayasa perangkat lunak atau teknik elektronik. Dari desain mikrokontroler individu, mikroprosesor, komputer pribadi dan superkomputer, hingga perancang komputer dari desain sirkuit, mereka berpartisipasi dalam banyak perangkat keras dan faktor perangkat lunak penggunaan komputer.

Elektronik digital menggunakan teknologi VLSI, ukuran dan luas papan sirkuit cetak dan meningkatkan akurasi dan kinerja sistem. Biasanya, sistem digital memiliki keuntungan dari enkripsi data untuk tujuan komunikasi. Transfer data aman dan aman. Semua faktor ini jelas menunjukkan bahwa kekuatan elektronik digital memiliki masa depan yang besar di era modern.

Keuntungan elektronik digital

Sirkuit elektronik digital relatif mudah untuk dirancang.

Ini memiliki akurasi yang lebih tinggi dalam hal akurasi

Sinyal digital dapat dengan mudah disimpan.

Elektronik digital lebih kebal terhadap & # 39; kesalahan & # 39; dan & # 39; suara & # 39; lalu analog. Tetapi dalam kasus desain berkecepatan tinggi, suara kecil dapat menyebabkan kesalahan dalam sinyal.

Tegangan pada suatu titik di sirkuit digital bisa tinggi atau rendah; maka ada sedikit kemungkinan kebingungan.

Rangkaian digital memiliki fleksibilitas yang dapat mengubah fungsi sirkuit digital dengan membuat perubahan pada perangkat lunak alih-alih mengubah rangkaian sebenarnya.

Kekurangan elektronika digital

Dunia nyata adalah analog di alam, semua kuantitas seperti cahaya, suhu, suara dll. Sistem digital diperlukan untuk mengubah sinyal kontinu menjadi diskrit, yang mengarah ke kesalahan kuantisasi kecil . Untuk mengurangi kesalahan kuantifikasi, sejumlah besar data harus disimpan dalam rangkaian digital.

Sirkuit digital hanya berfungsi dengan sinyal digital. Itulah mengapa pengkodean dan decoding diperlukan untuk proses tersebut. Ini meningkatkan biaya peralatan.



Source by Jaspreet Singh Dutt